Iklan

Tuesday, November 28, 2023, November 28, 2023 WIB
Last Updated 2023-11-27T23:34:43Z
Lombok TimurPeristiwa

LP2M Dukung Pemda Lotim Capai Target UHC 2023


Headline NTB (Lombok Timur)  Lembaga Peduli dan Pemerhati Masyarakat (LP2M) sebagai lembaga sosial yang memiliki fokus kegiatan dalam bidang kesehatan menaruh perhatian khusus terhadap Instruksi Bupati Lombok Timur Nomor : 800/2811/KES/2023 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Dalam Pencapaian Universal Health Coverage (UHC) Di Kabupaten Lombok Timur.


LP2M memandang Instruksi Bupati tersebut layak didukung agar target menjadi daerah yang mencapai UHC tahun ini mampu diraih Lombok Timur.


Pembina LP2M, HM. Edwin Hadiwijaya kepada media ini mengatakan bahwa LP2M yang selama ini aktif memberikan layanan sosial berupa layanan pendampingan pasien dan layanan sosial lainnya, tentu mengapresiasi apa yang dihajatkan Pemerintah Daerah Lombok Timur melalui Instruksi Bupati yang baru saja dikeluarkan tersebut. 



“Instruksi Bupati ini menjadi pelecut semangat semua pihak untuk mensukseskan target UHC Lombok Timur tahun ini. LP2M siap mendukung untuk mewujudkan itu,”ungkap legislator Partai Bulan Bintang yang juga pegiat sosial ini.


Sebagai langkah konkrit LP2M dalam mendukung hajatan Pemda Lombok Timur tersebut, LP2M aktif memberikan layanan bagi masyarakat, dari desa ke desa berupa layanan pengecekan sinkronisasi data NIK dengan BPJS Kesehatan PBI, pengecekan aktif/non aktif BPJS PBI dan pengecekan ID DTKS masyarakat.


Selama ini, lanjutnya, setiap memberikan layanan di masing-masing tempat, personel LP2M senantiasa mendorong masyarakat yang belum memiliki JKN agar segera mendaftar sebagai peserta JKN. Selain sebagai langkah antisipasi jika sewaktu-waktu warga harus mendapatkan tindakan layanan di fasilitas kesehatan, yang bersangkutan tidak mengalami kendala berarti, terutama dalam hal biaya pengobatan.


“Dan tentunya, agar UHC bisa dicapai oleh Lombok Timur,” imbuhnya di Selong, baru-baru ini.


H. Edwin juga mengajak semua pihak agar memiliki perhatian serius dan mendukung tercapainya hajatan Pemda Lombok Timur meraih UHC ini.