Iklan

Monday, September 7, 2020, September 07, 2020 WIB
Last Updated 2020-09-07T05:37:07Z
KomunitasLombok TimurPendidikan

Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Lombok Timur, Laksanakan KMD Di 21 Kecamatan

Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Sembalun

HEADLINENTB (Lombok Timur) – Menyiapkan pembina yang bersertifikat dibidang kepramukaan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Lombok Timur laksakan Kursus Mahir Tingkat Dasar (KMD) di 21 Kecamatan (Kwartir Ranting) di Kabupaten Lombok Timur.

Kegiatan yang diikuti oleh para pengawas, Kepala Sekolah dan guru-guru itu diharapkan akan mengahasilkan pembina yang siap membina di gugus depan masing-masing.

“kita di Lombok Timur sudah menyelenggarakan sampai hari ini sebanyak di 21 Kwartir Ranting atau 21 Kecamatan, yang jumlah pesertanya hampir seribu orang, terdiri dari Kepala Sekolah, Para pengawas dan guru-guru”. Ucap Drs. H. Gufranudin, Dipl. Tesol, MA Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Lombok Timur saat di wawancarai Headlinentb (25/07).

Lebih lanjut Gupran menjelaskan kegiatan kursus dan pelatihan semacam ini akan terus berlanjut  sehingga Sekolah-sekalah atau gugus depan yang berada dibawah dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Lombok Timur akan menghasilkan Pembina putra dan  putri yang bersertifikat KMD sebanyak tiga ribuan.

 “itu akan berlanjut untuk Pembina, baik Pembina putra dan Pembina putri yang nanti diharapkan sekolah-sekolah atau gugus depan yang berada dibawah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan itu akan bisa menghasilkan Pembina yang berijazah KMD sebanyak tiga ribuan” kata Gupran. 

Selain itu Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Lombok Timur pada waktu dekat akan melakukan kegiatan kursus serupa kepada Pengawas dan kepala Sekolah dan guru-guru yang ada di Madrasah sehingga Pembina Gerakan Pramuka yang bersertifikat KMD di Lombok Timur mencapat total Tujuh ribuan orang.

 “Sudah kami berkomonikasi dengan pihak dengan Depertemen Agama dan mereka juga menyanggupi untuk menyelenggarakan kursus serupa, kursus KMD  bagi Kepala Madrasah, Pengawas Madrasahdan guru-guru Madrasah, dan nanti kalau bisa terlaksana, mudah-mudahan tidak halangan, ya kita banyak halangan khsusnya berkenaan dengan Covid ini, ini kita kalau keadaannya aman kita akan lanjutkan untuk mendidik atau melatih sebanyak ribuan juga sehingga jumlah total dari pada Pembina yang akan kita diklat atau kita KMD-kan dari dikbud sekitar tiga ribu, dari depag, Kementerian Agama lebih banyak lagi sekitar empat ribuan, jadi akan tebentuk tujuh ribuan, akan lahir tujuh ribuan Pembina-pembina yang bersertifikat KMD”. Paparya.