Iklan

Monday, September 7, 2020, September 07, 2020 WIB
Last Updated 2021-09-26T13:38:46Z
KomunitasPemerintahan

HUT RI 75, Penggiat Wisata Hingga Musisi Indie Kibarkan Bendera Merah Putih Di Dasar Laut Gili Petagan LOTIM

Pengibaran Bendera Merah Putih Di Dasar Laut Gili Petagan Kecamatan Sambelia Lombok Timur


HEADLINE NTB (Lombok Timur) Momentum Dirgahayu RI selalu dinanti-nanti oleh masyarakat Indonesia, terutama mereka yang memiliki jiwa nasionalisme tinggi. Saat 17 Agustus tiba, banyak cara yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia untuk menujukan rasa nasionalisme kepada bangsanya .


Pada peringatan HUT RI KE-75 (Senin, 17/08/2020), Pemuda Penggiat Wisata Lombok Timur yang tergabung dalam Pokmaswas dan Pokdarwis Petrando, DPC HPI Lotim serta KAPELA NTB bekerjasama dengan POSAL Selat Alas, Basarnas Lotim, BNPB Lotim, PT. Rumah Inport Indonesia, ASA Community dan A4 Band memperingati Hari Proklamasi RI dengan mengibarkan bendera Merah Putih di bawah dasar laut Gili Petagan Kawasan Perairan Selat Alas Desa Padak Guar Kecamatan Sambelia Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat


Kegiatan ini diikuti oleh 50-an peserta dengan 10 orang penyelam yang menjadi team Pengibar Bendera Under Water. Upacara pengibaran bendera dilaksanakan pada pukul 10.17 wita hingga pukul 11.30 wita dibawah pimpinan Komandan Pos Angkatan Laut Selat Alas (Letda Laut Marjun S)
"Pengibaran bendera di bawah permukaan Laut untuk dirgahayu RI ke-75 ini kami laksanakan sebaga wujud kecintaan kami kepada bangsa Indonesia yang telah memberikan kami banyak hal dalam hampir segala aspek kehidupan kami dan untuk mengenang betapa luhur jiwa dan pengorbanan para pahlawan bangsa yang membawa Indonesia meraih kata merdeka", ungkap Asri selaku panitia kegiatan tersebut.


Vocalis A4 Band yang juga merupakan pegiat wisata sekaligus Ketua Pokdarwis Pondok Kerakat Pohgading Timur itu mengatakan bahwa kegiatan ini  dilaksanakan sebab sebagian besar pemuda penggiat wisata di Lombok melakukan pengibaran bendera di Gunung ataupun Hutan, dan kami para pegiat wisata bahari (Pantai) melakukan pengibaran bendera di dasar laut.


"Tujuan kami melaksanakan pengibaran bendera di bawah laut Gili Petagan Kawasan Perairan Selat Alas ini adalah untuk memperomosikan kembali destinasi wisata Gili Petagan, Gili Bidara dan Gili Kondo serta kawasan pantai di kawasan utara Lombok Timur", papar Herman Ketua KAPELA NTB yang juga sebagai sekertaris panitia  kepada Headline NTB


Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa dengan kegiatan ini diharapkan banyak orang yang sadar bahwa Indonesia adalah negara maritim yang Harus dilestarikan dan bersama sama untuk menjaganya demi kebermanfaatkan bersama kedepannya.


"Kami berharap melalui kegiatan ini orang sadar bahwa negara ini negara maritim jadi mari kita cintai negeri ini dengan ikut melestarikan laut karena kita bisa berjaya di laut asalkan kita paham cara melakoninya...jalasveva jaya Mahe. Melalui gema bahari Indonesia Maju kita sadarkan masyarakat kita betapa laut itu penting untuk kita jaga dan bisa memberi manfaat yang luas pada kita semua tegas Herman.

Kontributor : Asri