Iklan

Monday, November 15, 2021, November 15, 2021 WIB
Last Updated 2021-11-15T07:12:35Z
Lombok TengahOlahraga

IATC Batal di Mandalika, DPR Kritik Keras ITDC yang Tak Profesional

Gubenur NTB Saat Menemani Presiden RI Meresmikan Sirkuit Mandalika


HeadlineNTB (Lombok Tengah) - Batalnya penyelenggaraan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) yang seharus dilaksanakan pada Minggu 14 November 2021 kemarin  terpaksa ditunda karena alasan kekurangan marshall, atau petugas jaga di setiap titik lintasan. 


Insiden pembatalan tersebut membuat Anggota Komisi VI DPR RI Abdul Hakim Bafagih mengkritik keras kinerja PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC). Seperti diketahui ITDC merupakan perusahaan pelat yang memiliki tanggungjawab tertinggi dalam penyelenggaraan gelaran balapan di Sirkuit Mandalika Lombok NTB.


“Untuk kesekian kalinya, terbukti ITDC tidak profesional. Ini hal sepele, tapi fatal. Masa, race batal hanya karena kurang marshall. Di Lombok memang kekurangan SDM?” tanya Hakim dalam rilis Parlementaria yang dikutif HeadlineNTB, Senin 15 November 2021.

 
Poto Anggota DPR RI Abdul Hakim Bafagih (Kanan)



Menurut Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu, gagalnya balapan yang telah terjadwal ini menjadi tamparan keras bagi kinerja ITDC. Hakim menganggap ini adalah cermin dari kinerja ITDC selama ini yang sangat amatiran.  Ia pun sangat khawatir  jika insiden sepele ini terjadi di Superbike World Championship (WSBK) yang akan berlangsung 19-21 November 2021 mendatang.  


 "ITDC harus berkaca dan cepat berbenah. Jangan malah beretorika. Jangan mempermalukan Presiden, kemarin yang meresmikan Sirkuit itu kan Pak Jokowi langsung, seremonialnya keren lagi," tegas legislator daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur VIII itu.


Lebih lanjut hakim mengatakan ia sejak awal mengkritik kinerja ITDC yang menjadi salah satu mitra kerja Komisi VI DPR RI. 


Menurutnya, dari awal pembangunan sirkuit Mandalika, kinerja ITDC dinilai tidak profesional dan menyisakan banyak masalah. Mulai dari konflik lahan dengan penduduk sekitar sampai dengan tertundanya kalender penyelenggaraan MotoGP di Sirkuit Mandalika. Dan kali ini ketika salah satu even balapan internasional akan digelar, berbagai insiden yang jadi cermin kinerja ITDC kembali terulang.


Informasi terbaru yang diterima HeadlineNTB gelaran IATC akan dijadwalkan akhir pekan depan.


"Balapan Idemitsu Asia Talent Cup yang akan berlangsung di Sirkuit Jalan Internasional Pertamina Mandalika pada hari Minggu 14 November telah dijadwalkan ulang untuk berlangsung akhir pekan depan," demikian pernyataan resmi ATC dalam rilisnya.