Iklan

Sunday, September 12, 2021, September 12, 2021 WIB
Last Updated 2022-04-20T01:48:43Z
Lombok BaratPemerintahan

Lombok Barat Tembus Level 1, Panglima TNI dan Kapolri Apresiasi NTB Dalam Penanganan Covid-19


HeadlineNTB (Lombok Barat) - Gerak cepat yang dilakukan Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Lombok Barat dalam mencegah penularan covid-19 akhirnya berbuah manis,   Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diterapkan  mampu menjadikan Lombok Barat satu satunya daerah di NTB menembus Level 1.


Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Gubernur NTB saat memberikan pemaparan di hadapan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur NTB, Jumat, (10/9/ 2021).


Dalam pemaparannya Wakil Gubernur NTB Hj. Rohmi Djalilah mengarakan  bahwa dari asesmen yang dilakukan Kabupaten Lombok Barat satu satunya kabupaten yang berada pada level 1. Tujuh kabupaten/kota lainnya berada di Level 2 dan dua  Kabupaten/Kota berada di level 3. Sementara itu NTB secara keseluruhan berada di level 2.



Wakil Gubernur mengatakan bahwa hal tersebut diperoleh dari beberapa indikator diantaranya dari Testing, Tracking, treatment, kapasitas respon dan kasus konfirmasi serta beberapa indikator lainnya. Menurut Rohmi hal ini menjadi pencapaian yang baik bagi Nusa Tenggara Barat dalam penanganan dan pencegahan covid-19. Namun demikian Wakil Gubernur mengingatkan agar tetap waspada dan tidak kendor dalam penerapan protokol kesehatan.


"Dengan sinergi dan kerjasama yang baik situasi penularan Covid-19 ini bisa kita kendalikan tentunya kita harus tetap menjaga protokol kesehatan" ujarnya.


Sementara itu Panglima TNI Marsekal Hadi Thjahjanto mengapresiasi langkah cepat dan taktis yang dilakukan oleh berbagai pihak di Nusa Tenggara Barat dalam penanganan covid19, selain itu langkah langkah antisipasi dapat mengendalikan penyebaran covid-19 di Nusa Tenggara Barat.


"Kami minta agar prokes tetap menjadi perhatian," ujarnya.


Dalam kesempatan Sama Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo juga mengapresiasi  langkah cepat dan kompak Pemerintah Daerah bersama TNI Polri yang bersinergi mengendalikan penularan covid-19 di propinsi dan Kabupaten/Kota. Menurutnya dengan sinergi ini penularan covid-19 dapat terkendali dengan baik. Ia berharap agar sinergi yang baik ini dapat diteruskan sehingga dapat menekan penularan covid19 dan NTB bisa masuk level 1. Ia juga mengingatkan agar vaksinasi di NTB dapat terus digencarkan khususnya di wilayah mandalika yang akan menyelenggarakan even World Super Bike bulan November dan Moto GP.


"Dengan pemaparan tadi kami apresiasi berbagai langkah yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah bersama TNI dan Polri," ujar Kapolri.



Sementara itu Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid mengatakan pihaknya bersama Forkompinda Lobar serta tim gugus tugas covid19 bersyukur atas PPKM lobar yang berada pada level 1. Hal ini merupakan kerja keras dan kerja cepat semua pihak baik Pemerintah Daerah, TNI dan Polri.


"Ini kerja cepat dan kolaborasi Pemda bersama TNI dan Polri. Tentu kami bersyukur karena PPKM Lombok Barat berada pada level 1," kata Fauzan Khalid.


Lebih lanjut Bupati Fauzan berharap agar semua pihak tidak kendur dalam penerapan protokol kesehatan dan penanganan covid-19 di semua tingkatan. Dengan penurunan level PPKM ini Bupati Fauzan meminta agar semua pihak tetap fokus dalam pengendalian covid19 dan tetap menerapkan protokol kesehatan.


"Kami minta semua pihak tetap fokus dan jangan lengah, kita harus terus melakukan gerak cepat dan kerja cepat serta kolaborasi dalam mengendalikan penularan covid-19 di Lombok Barat," lanjutnya.



Dalam kesempatan tersebut Bupati Lombok Barat menyampaikan terima kasih kepada Kapolres bersama jajaran serta Dandim bersama jajaran yang telah berkolaborasi dalam mengendalikan covid-19 di Lombok Barat. Selain itu Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada para tenaga kesehatan, tim gugus tugas covid-19, para kepala OPD, para camat dan semua kepala desa yang telah kerja keras dan gerak. cepat mengendalikan covid-19 di Lombok Barat. Dalam kesempatan ini juga Bupati menyampaikan terima kasih kepada semua jajarannya dan masyarakat sehingga covid-19 di lobar dapat terkendali dan lobar berada pada PPKM level 1.


"Kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak dan kita tidak boleh lengah harus tetap menjaga protokol kesehatan agar Lobar tetap berada pada PPKM level," tutup Fauzan.