Iklan

Monday, September 20, 2021, September 20, 2021 WIB
Last Updated 2021-09-20T09:12:55Z
Adat dan BudayaLombok BaratPemerintahan

Lombok Barat Siap Menuju Smart City


HeadlineNTB (Lombok Barat) - Usai ditetapkan oleh Kementerian Kominfo sebagai salah satu daerah yang lolos dalam asesmen dan seleksi smart city atau kota pintar bersama 48 Kabupaten/Kota di Indonesia, Lombok Barat bergerak cepat untuk mempersiapkan diri menjadi Kota Pintar. 


Sebelumnya Akhir Juli 2021 lalu telah dilakukan Bimbingan Teknis tahap 1 untuk mempersiapkan SDM atau tim teknis smart City dan hari ini kembali Lombok Barat menggelar Bimbingan Teknis  tahap kedua di Aula GEM Pearls Batulayar, Senin (20/9/2021)


Sumaedy Radjiman selaku Ketua Panitia Bimtek, yang juga Plt Sekretaris Dinas Kominfotik mengatakan bahwa bimtek tahap kedua ini diikuti oleh tim pelaksana Smart city yang berasal dari seluruh OPD di Kabupaten Lombok Barat. Dalam bimtek ini nantinya akan difokuskan pada pengembangan smart city dan rencana aksi smart city Lombok Barat. Sumaedy juga menyampaikan bahwa nantinya akan ada wawancara dari media nasional tentang pengembangan smart city di Lombok Barat. 


Sekretaris Daerah Lombok Barat Dr. H. Baehaqi dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kepala Dinas Kominfotik Lombok Barat, Ahad Legiarto, mengatakan bahwa Pemkab Lombok Barat berterima kasih kepada tim ahli dan tim pembimbing dari Kementerian Kominfo yang telah membimbing Lombok Barat dalam menyusun master plan dan quick win smart city.


Lebih lanjut Sekda juga mengatakan bahwa sejak awal Lombok Barat sangat mendukung program smart city yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat dalam program menuju 100 smart city dan berharap agar target yang telah ditetapkan dalam penyusunan master plant smart city dapat tercapai. 



"Lombok Barat siap menuju smart city dan bimtek ini sebagai salah satu persiapan mendasar yang kami lakukan," ujar Ahad Legiarto Kepala Dinas Kominfotik Lombok Barat


Ahad Legiarto menambahkan bahwa Lombok Barat telah melakukan berbagai upaya untuk menuju kota pintar. Hal ini sangat penting agar Lombok Barat dapat menjadi salah satu Kabupaten/Kota yang memiliki sistem digital untuk mendukung program digital nation dari Kementerian Kominfo. Hal ini tentu akan sangat memudahkan dan melancarkan tugas dan fungsi Pemerintah Daerah. Selain itu masyarakat akan dapat terlayani dengan mudah dan cepat dengan adanya sistem digital. 


"Lombok Barat sangat mendukung Target dan visi Kementerian Kominfo Untuk mewujudkan digital nation melalui gerakan 100 smart city," Tutup Ahad.