Iklan

Thursday, June 10, 2021, June 10, 2021 WIB
Last Updated 2021-06-23T08:50:38Z
Adat dan BudayaLombok Timur

Retual Ngaji Makem, Tradisi Turun-temurun Warga Desa Bilok Petung

 

Bele Lokaq Dusun Landean Desa Bilok Petung

HeadlineNTB (Lombok Timur) -  Retual Ngaji Makem adalah ritual yang rutin digelar setiap tahun di musim panen baik berupa hasil pertanian, perkebunan, dan perternakan. Retual tersebut dilaksanakan warga Landean Desa Bilok Petung Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur NTB untuk mengungkap rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.


Ngaji Makem merupakan tradisi yang dilaksanakan secara turun temurun oleh masyarakat stempat dari semua golongan umur dan semua gender baik laki-laki maupun prempuan. Dalam kegiatan ini secara bergotong semua masyarakat ikut andil dalam menyukseskan ritual tahunnan tersebut.


"Mulai malam senin musyawarah dan puncaknya pada hari jumat sore", Ucap Saprudin saat menjelaskan kepada Headline NTB Rabu, 10 Juni 2021. 



Ziarah Makem, (Mengolam)


Kegitan Ngaji Makem dilaksanakan selama 5 hari kedepan, diawali dengan melaksankan musyawarah untuk mufakat dan diakhiri dengan kegiatan acara menyembek bersama warga dan tamu undangan yang hadir.


Adapun tujuan dari kegiatan Maji Makem dijelaskan Saprudin adalah mujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, mengharapkan keberkahan dimusim yang akan datang, sumber mata air tetap terjaga, membangun jiwa gotong royong dan silaturrahmi dan sebagai pengingat bahwa manusia hidup berdampingan dengan makhluk dan alam lain.