Iklan

Monday, May 3, 2021, May 03, 2021 WIB
Last Updated 2021-05-02T17:38:00Z
Lombok TimurPendidikanSosok

Sosok Pendidik Dari Kaki Rinjani Mengabdi Untuk Negeri

 

Hamdi, S.Pd (Kepala MTs MT Bilok Petung)


HeadlineNTB (Lombok Timur) – Menjadi kepala Madrasah di kota besar tentu lebih mudah dibandingkan memimpin Madrasah yang berada di pedesaan. Apalagi, jika Madrasah tersebut berada di daerah terpencil yang jauh dari kota dan jaringan internet yang memadai. Kondisi tersebut sempat dirasakan oleh Hamdi Kepala Madrasah Tsanawiyah Maraqitta`limat Bilok Petung, Dusun Landean Desa Bilok Petung Kecamatan Sembalun Lombok Timur.

 

Meski demikian Bapak 33 tahun itu tak bisa mengurangi semangat dan kegigihannya dalam memimpimpin Madrasah yang diemban sejak 6 tahun yang lalu itu. Berkat kerja keras bersama semua dewan guru, pengurus dan komite, Madrasah tempat ia mengabdi tersebut kini bertransformasi mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

 

Salah satu trobosannya yang masih konsisten diterapkan Hamdi di Madrasahnya adalah Kegiatan Imtaq sebelum memulai belajar dikelas karena kegiatan tersebut diyakini dapat mencetak peserta didik yang religius dan berakhalaq mulia. Selain itu pola pendidikan yang memberikan kebebasan kepada peserta didiknya untuk menyesuaikan keadaan lingkungan sekitarnya, menjadi salah satu motode yang digunakan.

 

“kami memberikan kebebasan  terhadap para peserta didik disesuaikan dengan lingkungan madarasah sekitar dengan memanfaatkan seadaanya,” Ungkap Hamdi Kepada Headline NTB Ahad 2 Mei 2021.


 


Namun Hamdi menyadari tampa kesejahteraan Pendidik dan pasilitas pendidikan yang memadai maka proses Pendidikan tidak bisa berjalan secara maksimal dan berharap agar pemerintah memperhatikan hal tersebut.

 

“Semoga pemerintah lebih memperhatikan madrasah-madarasah terpencil baik fisik dan tenaga pendidiknya, memberikan jaminan yang memadai terhadap tenaga pendidiknya sesuai jenjang pengabdiannya,” harapan Anak terakhir dari 4 bersaudara itu.

 

Lebih lanjut Hamdi mengatakan fasilitas pendidikan sangatlah penting, misalnya bangunan fisik Madrasah yang nyaman dan kondusif menurutnya bisa mencetak mutu lulusan peseta didik itu sendiri.

 

“Sedangkan untuk fisik bangunan dan fasilitas yang memadai dan kondusif, sehingga madarasah bisa lebih nyaman dan aman, semangat mencetak mutu dari para peserta didiknya,” Tambah Hamdi.

 

Dimomen hari pendidikan Nasional 2021, Hamdi berharap agar pendidikan di Indonesia khususnya di daerah terpencil agar mendapat perhatian lebih dari pemerintah daerah maupun pusat untuk mewujudkan cita-cita bangsa yang kita cintai.