Iklan

Wednesday, January 1, 2020, January 01, 2020 WIB
Last Updated 2020-10-23T11:17:05Z
Adat dan Budaya

Even Budaya Tetulak Pesisi 2019 Sukses Dilaksanakan

HeadlineNTB (Lombok Timur ) - Even Budaya Tahunan bertajub " Tetulak Pesisi "  yang digelar Pokdarwis  Pondok Kerakat Desa Pohgading Timur (31/12/19) berlangsung sukses. 


Even yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat Pohgading Timur berjalan lancar meski sempat diguyur hujan. "kalau sudah sore, meski hujan acara tetap dilanjutkan" kata Asri selaku ketua Pokdarwis Pondok Kerakat. 


Kegiatan yang dimulai dari arak arakan dulang merah dari perkampungan yang dilakukan  oleh perempuan dan laki-laki menuju Pantai Pondok Kerakat menjadi momentum pada akhir tahun 2019.


Dalam kegiatan itu juga disisi dengan pembagian hadiah berbagai macam perlombaan yang sebelumnya telah digelar pihak kepantia penyelenggara. 


Makan begibung (bersama) menjadi salah satu agenda penting dalam even budaya tersebut. 


Sebagai acara penututup peserta  dan masyarakat yang hadir pada Even  Tetulak Pesisi tersebut melepaskan  aneka Sesajen yang dijadikan sebagai sebuah simbol dan sadakah "melepaskan (aneka sesajen) ke pantai sebagai simbol membuang penyakit dan  sekaligus bersedahkan kepada makhluk-makhluk yang hidup dilaut"  jelas Asri.